Rabu, Oktober 05, 2011

Tips Muslimah: Merawat Organ Kewanitaan Ketika Haid


Haid/Menstruasi merupakan bentuk kasih sayang Allah kepada para muslimah. Mengapa dikatakan anugerah terindah bagi wanita... ya karena dengan mendapatkan haid berarti seorang wanita dapat dikatakan normal. Bisa memiliki keturunan, walaupun pada kenyataannya ada beberapa muslimah yang tidak haid namun bisa memiliki keturunan. Tapi pastinya hal itu sangat jarang terjadi. Dan itu adalah kehendak Allah Subhanallahu Taala. 

Banyak problema yang terjadi ketika seorang muslimah sedang mendapatkan tamu bulanan.  Diantaranya adalah rasa gatal karena kurang menjaga kebersihan organ kewanitaannya. Bisa jadi juga karena malas mengganti pembalut, hemat atau lupa. Sebagai seorang muslimah yang rajin dan menjaga kebersihan tentunya, maka kita harus menjaga kebersihan fisik kita ketika haid. Saya akan membagikan tips-tips agar tamu bulanan tidak mengganggu aktivitas keseharian anda:
1. Pilihan Pembalut
Pilihlah pembalut yang mengandung herbal. Sekarang ini banyak produk-produk pembalut yang ditawarkan dari yang mengandung ion, herbal dll. Maka pilihlah yang baik untuk kesehatan organ kewanitaan anda. Dan jangan lupa jangan memilih pembalut yang mengandung parfum, karena biasanya yang mengandung 
parfum pastinya mengandung bahan kimia. 

2. Rajin mengganti Pembalut
Sebaiknya pantaulah waktu mengganti pembalut ketika menstruasi. Karena jika jarang mengganti pembalut hingga darah penuh, maka akan terjadi iritasi, infeksi hingga penyakit kelamin. Untuk idealnya adalah mengganti pembalut waktu yang disarankan adalah 2 - 3 Jam. 

3. Basuh organ kewanitaan anda dengan tissue 
Organ kewanitaan yang sehat adalah yang bersih, tidak berbau dan kering. Maka usahakan setiap habis buang air kecil dan besar untuk membasuh dengan air yang bersih dan tissue kering yang lembut dan tidak mengandung parfum. Hal ini juga harus dilakukan dengan setiap hari untuk menjaga kebersihan wanita. 

4. Hindari kafein ketika sedang mendapatkan tamu bulanan
5. Usahakan untuk sesering mungkin minum air putih. Jangan sampai dehidrasi, karena biasanya kekurangan cairan ketika haid akan menimbulkan nyeri haid (Ini bisa ditanggulangi dengan meminum herbal sehat wanita)

Nah Itulah tips - tips menjaga organ kewanitaan selama masa-masa tamu bulanan datang. Semoga ketika tamu bulanan itu datang tidak mengurangi aktivitas kita sebagai seorang muslimah dan mendekatkan diri kepada Allah. AMIN...... 

Tidak ada komentar: