Selasa, November 09, 2010

Manfaat Teh dan Snack Sore Bagi Kesehatan

Untuk para eksekutif dan karyawan kantoran, setelah makan siang terburu-buru atau makan dengan porsi kecil, perut akan terasa lapar lagi sekitar pukul 4 sore.
Jika ini terjadi, makanan ringan dan teh dalam jumlah yang seimbang, dapat mempertahankan badan yang sehat dan sekaligus menyingkirkan rasa ngantuk.

Menurut peneliti, orang-orang yang minum teh di sore hari secara teratur, memiliki memori dan respon yang lebih baik sebesar 15%. Kita tahu bahwa orang barat menyukai minum teh di sore hari karena dapat menyegarkan tubuh, meningkatkan konsentrasi, menghilangkan kelelahan dan meningkatkan efisiensi.


Profesor He Jiguo dari Departemen Ilmu Makanan Universitas Pertanian China mengatakan bahwa mengkonsumsi makanan sekitar pukul 4 sore dapat membantu mempertahankan energi sampai sore hari. Ini berarti menu makan malam dapat diperingan dan pola makan yang baik pun terbentuk. Namun, minum teh di sore hari sangatlah berbeda dengan mengkonsumsi hanya makanan ringan saja.
Bila digabung dengan teh, kalori makanan ringan tidak cuma ditimbun di badan, tetapi sebagian akan dipergunakan untuk mempertahankan fungsi tubuh. Oleh karena itu, untuk memastikan keseimbangan nutrien, teh harus dikombinasikan dengan makanan yang tepat. Contohnya, makanan sereal/biskuit/roti dikombinasikan dengan yogurt, atau buah-buahan/kacang-kacangan dengan teh.
Sebagai tambahan, ilmuwan Inggris telah menemukan bahwa minum teh di sore hari sangatlah bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Mencegah peningkatan kolesterol berhubungan erat dengan makanan dan jumlah makanan yang kita makan. Saat merasa lapar di sore hari dan mengisi perut sejenak, maka ketika waktu makan malam tiba, kita tidak akan "kalap" mengambil makanan sebanyak-banyaknya karena perut terlalu kosong. (Erabaru/wid) 

Sumber : www.erabaru.com


2 komentar:

Teroris Cinta mengatakan...

dari pada satu kompas mending pake ini sobat, klik sini

oh ia kl mu sharing online add ymku ok, mafia.cinta86@yahoo.com, ditunggu yach cobat....

INNEKE ASRINDANI BLOG mengatakan...

Ok.... Insya Allah ya.... makasih udah mampir dan comment