Kamis, Juli 07, 2011

Tips Menyimpan Koleksi Buku yang Minim Ruang

 
          Mengoleksi buku merupakan hal yang sangat positif. Karena menurut pendapat sebagian orang, sebuah keluarga yang mempunyai koleksi buku sebagai hiasan dalam rumahnya merupakan orang yang menjunjung tinggi ilmu pengetahuan dan termasuk orang yang smart. Koleksi buku semakin bertambahnya waktu maka akan semakin banyak seiring dengan adanya ilmu baru dan tentunya pengetahuan baru maka kita tidak mau ketinggalan untuk menambah koleksi buku kita sekaligus pengetahuan kita. Untuk itu, tentunya keluarga yang mempunyai rumah yang minimalis alias ruang yang agak sempit agak kesulitan untuk menempatkan koleksi buku yang baru dalam istana kecil mereka. Mau nambah ruangan lain sebagai perpustakaan kayaknya dah nggak mungkin, menambah 1 lemari aja sepertinya sudah sesak dengan barang-barang primer. Hmmmm..... 

        Sebenarnya menata dan mendekorasi ruang baca tidak sulit. Asalkan mengerti trik-triknya, Anda bisa mendapatkan ruang baca yang indah di rumah sendiri. Budaya membaca sebaiknya diciptakan dari rumah sendiri. Untuk mengembangkan budaya baca itu, menciptakan ruang baca di rumah menjadi suatu keharusan. Nah.. walaupun rumah kita sempit/terbatas maka kita bisa meminimalisir sebagai berikut:

1. Jadikan Buku Sebagai Hiasan
    Buku bisa menjadikan ruang tamu sebagai pengganti hiasan dinding lainnya. Nah daripada dipasang hiasan dinding yang mahal lebih baik kita ganti dengan hiasan buku. Tentunya dengan penyimpanan yang rapi dan dengan rak yang cantik dan manis sehingga memberikan kesan mewah dan elegan.


2. Menggunakan Rak Yang Menempel Pada Dinding 
    Dengan menggunakan rak tempel/rak yang menempel pada dinding maka akan semakin membuat leluasa bagi anda dalam meletakkan buku dan tentu saja pemilihan rak harus yang mudah dibersihkan dan cantik agar menambah kerapihan dalam rumah anda. Selain itu anda dapat meletakkan perabotan kecil lainnya dibawah rak tempel tersebut.
Nah sekarang perpustakaan idamanpun akan terwujud di rumah minimalis anda. Jangan lupa untuk membersihkan debu yang menempel. Selamat berkreasi....

Salam Hangat..... 

Inneke Asrindani

Tidak ada komentar: